Latest Post

2/24/2025 ,
[accordion] [item title='Detail Buku']
Judul Buku
Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XI - 2
Kirim Saran Perbaikan - [tooltip title='Info!']Jika ada kesalahan keterangan katalog, ketik saran perbaikan di kolom ini! lalu klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Saran Buku. Jika ingin meminjam buku tinggal klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Pinjam Buku[/tooltip]
Kode Buku / Nomor Panggil
Klasifikasi Dewey / DCC
370.11
ISBN
978-979-015-175
GMD / Jenis Eksemplar
Text
Pengarang / Penulis
Budiyanto
Penerbit
Erlangga
Tahun Terbit
2007
Jumlah Halaman
190 hlm
Bahasa
Indonesia
Sumber Buku
-
Lokasi Buku
Rak 001
Penulis Lain
-
Editor
Rahmat Rikard
Penerjemah
-
Edisi
Standar Isi
Cetakan
-
Jumlah Buku
5
Status Ketersediaan
Kondisi Buku
Baik
Layanan Pengguna
[/item] [item title='Lihat Buku Lainnya']




[/item] [/accordion]

2/24/2025 ,
[accordion] [item title='Detail Buku']
Judul Buku
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - SMA/MA SMK/MAK Kelas X Semester 2
Kirim Saran Perbaikan - [tooltip title='Info!']Jika ada kesalahan keterangan katalog, ketik saran perbaikan di kolom ini! lalu klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Saran Buku. Jika ingin meminjam buku tinggal klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Pinjam Buku[/tooltip]
Kode Buku / Nomor Panggil
Klasifikasi Dewey / DCC
370.11P
ISBN
978-602-282-472-6
GMD / Jenis Eksemplar
Text
Pengarang / Penulis
Mohammad Nuh
Penerbit
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Terbit
2014
Jumlah Halaman
128 hlm
Bahasa
Indonesia
Sumber Buku
BOS Buku
Lokasi Buku
Rak 001
Penulis Lain
-
Editor
-
Penerjemah
-
Edisi
-
Cetakan
Pertama
Jumlah Buku
96
Status Ketersediaan
Kondisi Buku
Baik
Layanan Pengguna
[/item] [item title='Lihat Buku Lainnya']




[/item] [/accordion]

2/24/2025 ,
[accordion] [item title='Detail Buku']
Judul Buku
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - SMA/MA SMK/MAK Kelas X Semester 1
Kirim Saran Perbaikan - [tooltip title='Info!']Jika ada kesalahan keterangan katalog, ketik saran perbaikan di kolom ini! lalu klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Saran Buku. Jika ingin meminjam buku tinggal klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Pinjam Buku[/tooltip]
Kode Buku / Nomor Panggil
Klasifikasi Dewey / DCC
370.11P
ISBN
978-602-282-472-5
GMD / Jenis Eksemplar
Text
Pengarang / Penulis
Mohammad Nuh
Penerbit
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Terbit
2014
Jumlah Halaman
164 hlm
Bahasa
Indonesia
Sumber Buku
BOS Buku
Lokasi Buku
Rak 001
Penulis Lain
-
Editor
-
Penerjemah
-
Edisi
-
Cetakan
Pertama
Jumlah Buku
96
Status Ketersediaan
Kondisi Buku
Baik
Layanan Pengguna
[/item] [item title='Lihat Buku Lainnya']




[/item] [/accordion]

2/24/2025 ,
[accordion] [item title='Detail Buku']
Judul Buku
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - SMA/MA SMK/MAK Kelas X
Kirim Saran Perbaikan - [tooltip title='Info!']Jika ada kesalahan keterangan katalog, ketik saran perbaikan di kolom ini! lalu klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Saran Buku. Jika ingin meminjam buku tinggal klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Pinjam Buku[/tooltip]
Kode Buku / Nomor Panggil
Klasifikasi Dewey / DCC
370.11P
ISBN
978-602-427-091-9
GMD / Jenis Eksemplar
Text
Pengarang / Penulis
Nuryadi
Penerbit
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Terbit
2017
Jumlah Halaman
252 hlm
Bahasa
Indonesia
Sumber Buku
BOS Buku
Lokasi Buku
Rak 001
Penulis Lain
Tolib
Editor
Singgih Prajoga
Penerjemah
-
Edisi
Revisi
Cetakan
Ketiga
Jumlah Buku
6
Status Ketersediaan
Kondisi Buku
Baik
Layanan Pengguna
[/item] [item title='Lihat Buku Lainnya']




[/item] [/accordion]

2/24/2025 ,
[accordion] [item title='Detail Buku']
Judul Buku
Seni Budaya - SMA/MA SMK/MAK Kelas X
Kirim Saran Perbaikan - [tooltip title='Info!']Jika ada kesalahan keterangan katalog, ketik saran perbaikan di kolom ini! lalu klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Saran Buku. Jika ingin meminjam buku tinggal klik tombol Aksi - Lengkapi Identitas anda - Klik tombol Pinjam Buku[/tooltip]
Kode Buku / Nomor Panggil
Klasifikasi Dewey / DCC
707
ISBN
978-602-282-458-9
GMD / Jenis Eksemplar
Text
Pengarang / Penulis
Mohammad Nuh
Penerbit
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Terbit
2014
Jumlah Halaman
444 hlm
Bahasa
Indonesia
Sumber Buku
BOS Buku
Lokasi Buku
Rak 001
Penulis Lain
-
Editor
-
Penerjemah
-
Edisi
-
Cetakan
Pertama
Jumlah Buku
96
Status Ketersediaan
Kondisi Buku
Baik
Layanan Pengguna
[/item] [item title='Lihat Buku Lainnya']




[/item] [/accordion]

2/23/2025 ,
Pada Pertemuan ketiga ini narasumber telah membahas bagaimana perpustakaan sekolah dapat bertransformasi menjadi ruang yang lebih dinamis dan kolaboratif. Di pembahasan ini berupaya menggali ide-ide kreatif untuk menjadikan perpustakaan sebagai jantung kegiatan belajar mengajar, bukan hanya sekadar tempat menyimpan buku.

Ruang Kreatif dan Kolaboratif


Mari kita mulai dengan meninjau kembali fungsi perpustakaan. Dulu, perpustakaan sering dianggap sebagai tempat yang sunyi dan kaku. Namun, paradigma ini sudah seharusnya berubah. Perpustakaan modern harus menjadi ruang yang hidup, tempat siswa dan guru dapat berkolaborasi, berkreasi, dan belajar bersama.

Menciptakan Ruang yang Nyaman dan Multifungsi


Salah satu langkah penting adalah menciptakan ruang yang nyaman dan multifungsi. Perpustakaan harus memiliki area yang luas dan fleksibel, yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti:

1. Diskusi kelompok
Siswa dapat berdiskusi dan bertukar ide dalam kelompok kecil maupun besar.

2. Presentasi
Siswa dapat mempresentasikan hasil karya mereka atau belajar bersama.

3. Belajar mandiri
Siswa dapat belajar secara mandiri dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia di perpustakaan.

4. Kegiatan ekstrakurikuler
Perpustakaan dapat menjadi tempat untuk kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan literasi dan kreativitas.

Memanfaatkan Teknologi


Teknologi juga memiliki peran penting dalam transformasi perpustakaan. Perpustakaan modern harus dilengkapi dengan fasilitas teknologi yang memadai, seperti:

1. Komputer dan akses internet
Siswa dapat memanfaatkan komputer dan internet untuk mencari informasi, belajar, dan berkreasi.

2. Proyektor dan layar
Guru dapat menggunakan proyektor dan layar untuk presentasi atau kegiatan belajar mengajar lainnya.

3. E-book reader
Siswa dapat membaca e-book melalui e-book reader yang disediakan oleh perpustakaan.

Program dan Kegiatan yang Menarik


Selain fasilitas yang memadai, perpustakaan juga perlu menyelenggarakan program dan kegiatan yang menarik, seperti:

1. Bedah buku
Siswa dapat berdiskusi tentang buku yang baru mereka baca.

2. Workshop
Siswa dapat mengikuti workshop tentang menulis, menggambar, atau kegiatan kreatif lainnya.

3. Pertemuan dengan penulis
Siswa dapat bertemu dan berinteraksi dengan penulis favorit mereka.

Peran Kepala Perpustakaan


Kepala perpustakaan memiliki peran penting dalam transformasi perpustakaan. Kepala perpustakaan harus visioner, inovatif, dan mampu membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti guru, siswa, dan orang tua.

Mari Berkolaborasi


Transformasi perpustakaan adalah tanggung jawab kita bersama. Mari kita bergandengan tangan untuk menciptakan perpustakaan yang lebih hidup, kreatif, dan inspiratif.


Referensi:
Kegiatan Diklat Nasional dengan narasumber Dr. Endang Fatmawati M.Si.,M.A.

SMA YAPIP MAKASSAR SUNGGUMINASA

{facebook#https://www.facebook.com/100012173117216} {twitter#https://twitter.com/schoolyapip/} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/110901565791389610503} {pinterest#https://id.pinterest.com/mkssungguminasa/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UC-S_QsY5fXShgK_uu5-ezzw} {instagram#https://id.instagram.com/}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget